UMKM Jogomukti Yogyakarta, Nglarisi Dodolane Koncone

Halo sobat pengusaha semuanya, terutama yang berdomisili di Jogja, apakah pernah mendengar nama “Jogomukti” ? Jogomukti adalah sebuah nama yang dipilih dari usulan banyak nama kelompok UMKM di Kalurahan Jogotirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman. Karena Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jogomukti berdomisili di wilayah Jogotirto Berbah Sleman DIY dan nama tersebut merupakan sebuah doa dan harapan agar semua anggota UMKM Jogomukti menjadi pengusaha yang “mukti” atau sukses maka dipilihlah nama UMKM JOGOMUKTI.

Anggota UMKM Jogomukti adalah semua pelaku usaha dari berbagai macam bidang usaha, baik itu makanan, minuman, craft, fashion, batik, jasa dll yang ada di wilayah kalurahan Jogotirto. UMKM Jogomukti terbentuk pada tanggal 23 Agustus tahun 2020.

Meski usia baru seumur jagung namun UMKM Jogomukti yang di ketuai Bapak Maryoto warga Kranggan ini telah sukses mengadakan berbagai kegiatan, Bapak Maryoto ini adalah seorang pengrajin pahat ornamen batu paras Mouncer dan sebagai wakil Ari Catur, yaitu pemilik rumah batik pewarna alam Catur Bayu Batik.

Sedangkan ujung tombak usaha adalah pemasaran yg dipegang Asti Wulandari Jogotirto Craft dan Hastuti, owner snack keripik pisang MHM yang penjualannya sudah sampe luar negri lho, kemampuan marketing nya tidak perlu diragukan lagi.

Berbagai kegiatan baik kelompok atau perorangan dilakukan UMKM Jogomukti, yaitu diantaranya membuka lapak di wisata Lava Bantal tiap hari Sabtu pagi dan Ahad pagi dengan berbagai produk berupa jajanan pasar minuman craft dan lainnya.

Selain itu UMKM Jogomukti Juga membuka lapak jualan di Omah dahar mbah Wanto tiap Ahad pagi di saat acara senam masal. Tak ketinggalan juga mengadakan kegiatan senam dan bazar kerjasama UMKM Jogomukti Jogotirto dengan UMKM Kalitirto di wisata Lava Bantal Jogotirto pada hari Sabtu tanggal 4 Desember dan acara serupa juga dilaksanakan di wisata Pesiraman Kalitirto pada hari Ahad 12 Desember 2021.

Baca Juga  Berlatih Digital UMKM Bersama Tuman.id

UMKM Jogomukti yang sudah memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) bisa mendapat perhatian dari pengusaha sukses Feri Siswanto owner Omah Dahar Mbah Wanto dengan memberikan hibah penguatan usaha sebesar 10 juta rupiah, hemm.. lumayan kan, dana usaha ini diharapkan bisa untuk membantu pelaku usaha yang kurang mampu dalam permodalan.

Dengan semangat UMKM Jogomukti Maju Bersama Sukses Bersama dan dengan tagline “Nglarisi Dodolane Koncone” Harapan nya anggota umkm Jogomukti akan berusaha lebih giat untuk meraih kesuksesan.


(Kusnadi, berbah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *