PERINGATAN HARI AIR SEDUNIA 2022 FLH BERBAH

Kegiatan peringatan hari air sedunia tahun 2022 dengan tema “Graund water / air tanah yang tidak terlihat tetapi dirasakan manfaatnya” yang diselenggarakan oleh Forum Lingkungan Hidup kapanewon Berbah berlangsung pada hari Rabu 23 Maret 2022 di Embung Sendangtirto Berbah.

Kegiatan dihadiri kepala DLHK kabupaten Sleman, panewu Berbah dan staf, lurah Sendangtirto dan pamong, kapolsek Berbah, danramil Berbah, kepala KUA Berbah, kepala UPTD Berbah, anggota DPRD Sleman ( Guntur Yoga Purnama, ST fraksi Golkar. Susilo Nugroho, S.IP fraksi PDIP. H. Ardi Sehami, SAg, MPar, MM fraksi PAN. Rahayu Widi Nuryani, SH, MM fraksi PKB) , dukuh dan warga Tampungan, relawan, penggiat lingkungan Berbah, KOKAM dan Aisyiyah Berbah, Banser dan Muslimat Berbah.

Juga hadir beberapa pihak yang mendukung kegiatan, Rumah sakit Panti Nugroho, PT Mitra Adi Jaya Berbah, bank BPD kantor Berbah, Omah dahar mbah Wanto.

Kegiatan Peringatan hari air FLH Berbah diawali dengan aksi bersih bersih memungut sampah dan dipilah dipisahkan sampah organik dan sampah anorganik di area seputaran embung Sendangtirto.

Kegiatan selanjurtnya donasi eco enzyme di perairan Embung, dengan menuangan eco enzy cairan sejuta manfaat hasil fermentasi bahan organik, molase dan air. Penuangan dilakukan oleh tamu undangan DLHK Sleman, panewu Berbah, lurah Sendangtirto, 4 orang anggota DPRD Sleman, tokoh masyarakat.
Adapun tujuan penuangan eco enzyme diperairan embun untuk menjaga kualitas air serta mempertahankan ekosistem kehidupan diperairan embung.

Setelah tamu undangan melakukan penuangan eco enzyme kemudian berjalan kaki menuju pendopo tempat diselenggarakan seremonial peringatan hari air dan dilanjutkan sarasehan.

Sebagai ketua panitia kegiatan hari air sedunia tahun 2022 FLH Berbsh Kusnadi dalam sambutannyamengucapkan selamat datang kepada tamu undangan dan peserta kegiatan dan rasa terimakasih kepada semua yang ikut membantu terselenggara peringatan hari air.
“Dari panitia mohon maaf bila banyak kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan” Pungkas Kusnadi.

Baca Juga  UMKM Berbah Mengunjungi Kantor DPRD Sleman

Sedangkan Rohmiyanto, AP panewu kapanewon Berbah dalam sambutannya memberikan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya peringatan hari air sedunia oleh FLH Berbah, harapanya semoga bisa terus menjaga kualitas dan keberadaan air. ” Karena air sangat di butuhkan dan harus di jaga kelangsungan untuk anak cucu kelak” Kata panewu Berbah.

Sedangkan sambutan Kepala DLHK Sleman yang diwakili kabid pengendalian lingkungan hidup kabupaten Sleman Purwoko Sasmoyo, ST, MM memintakan ijin kepala dinas karena ada kepentingan lain dan dari DLHK Sleman memberikan selamat atas terselenggaranya kegiatan peringatan hari air.

“Dari dinas lingkungan hidup Sleman akan selalu mensupport kegiatan yang bertujuan menjaga dan mengelola lingkungan “

Kegiatan selanjutnya sarasehan yang dipimpin oleh Kusnadi selaku wakil dari FLH Berbah yang intinya mengusulkan untuk menjaga kualitas dan kelangsungan mata air di embung Sendangtirto di sekitar embung di lakukan penanaman pohon untuk konservasi mata air dengan pepohonan yang bisa menjaga keberadaan mata air pohon gayam, aren, trembesi, kepuh, beringin dan lainnya. Harapannya nantinya akan terbentuk wanadesa. Selain untuk konservasi juga bisa untuk edukasi para siswa dan wisata alam untuk mendukung kegiatan perekonomian kawasan embung.

Usulan yang mendapat respon positif dari DLHK, panewu, lurah dan anggota DPRD Sleman mbak Nunung dan pak Guntur yang dari komisi C yang salah satunya membidangi lingkungan hidup akan membantu.

“Yang penting ada komunikasi ke dewan nanti kita bantu kawal program untuk pemberdayaan masyarakat”, kata pak Guntur yang di iyakan mbak Nunung.

Sedangkan pak Ardi mengusulkan untuk penataan lapak umkm untuk jualan agar lebih rapi “Biar pengunjung lebih nyaman dan betah”.

Acara diakhiri dengan doa oleh kepala KUA Berbah. Dan untuk kenang kenangan diberikan souvenir berupa tanaman hypoplast dan eco enzyme kreasi anggota FLH diserahkan kepada tamu kehormatan.
juga setiap yang hadir mendapatkan souvenir satu botol eco enzyme.

Baca Juga  FLH BERBAH GELAR PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2022

(Kusnadi, Berbah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *