Pak Tujiyono dan Rekan, Ahlinya Bikin Sumur Bor Dari Yogyakarta

Sumur adalah kebutuhan pokok dalam rumah tangga, apabila tidak memakai jasa Perusahaan Air Minum atau yang biasa disebut PAM alias PDAM. Karena sumur sebagai penyedia air bersih, sedangkan air bersih adalah sumber kehidupan. Untuk mandi, mencuci, masak dan lain-lain, maka dari itu keberadaan sumur dalam rumah tangga sangat diperlukan.

Jenis sumur ada dua macam sumur gali dan sumur bor. Sumur gali cara pembuatan nya dengan cara menggali tanah sampe kedalaman yang diinginkan sampe ketemu mata air dan dipasang buis beton atau batu bata dan saat pembuatan paling baik adalah puncak musim kemarau. Dan dikerjakan minimal dua orang.

Sedangkan sumur bor cara pembuatannya dengan membuat lubang sedalam yang diinginkan sampai diperkirakan ketemu dengan mata air dan dipasang pipa PVC yang tebal dan air dibawa naik dengan menggunakan mesin pompa air bertenaga listrik.

Adalah tiga orang bapak bapak warga kampung Rejosari UMKM Jogomukti, kalurahan Jogotirto, kapanewon Berbah, kabupaten Sleman yang memiliki keahlian membuat sumur bor. Mereka adalah Bapak Tujiyono, bapak Marwanto dan bapak Buyat. Meski pembuat sumur bor bukanlah pekerjaan pokok bagi beliau bertiga. Masing-masing memiliki pekerjaan sendiri sedangkan pekerjaan pembuat sumur bor hanyalah pekerjaan tambahan sewaktu dibutuhkan.
Pak Tujiyono sebagai pemimpin kelompok memilki pekerjaan pokok sebagai petani dan penjual pupuk tanaman. Sedang pak Marwanto yang biasa dipanggil mas Genthot pekerjaan utama adalah pembuat papan reklame neon box sedang anggota termuda pak Buyat mempunyai penggilingan padi keliling.

Meskipun pembuatan sumur bor bukan pekerjaan utama namun mereka bertiga sudah memiliki peralatan pembuatan sumur bor yang memadai, meski pengeboran masih dilakukan secara manual.

Menurut pak Tujiyono mereka bertiga sudah banyak membuat sumur bor di sekitar wilayah kapanewon Berbah juga diluar kapanewon Berbah. Pembuatan sumur bor memerlukan waktu pengerjaan setengah hari sampe satu hari tergantung kondisi lapisan tanah yang dilakukan pengeboran. Bila kondisi tanah nya bagus tidak banyak batuan pengerjaan bisa lebih cepat.

Baca Juga  PENEBARAN BENIH IKAN DI EMBUNG SENDANGTIRTO BERBAH


“Bila kondisi tanah baik sehari bisa membuat dua buah sumur bor dengan kedalaman 12 meter atau 3 pipa”, kata pak Tujiyono.

Peralatan yang utama sebagai tukang pembuat sumur bor adalah mesin disel pompa air dan pipa besi yang dibuat khusus untuk pengeboran.

Selain membuat sumur bor mereka bertiga juga biasa menerima jasa penyuntikan sumur gali, juga pemasangan pampa air. Selain itu juga bisa melakukan pemasangan instalasi listrik di dalam rumah.

Bila menginginkan bantuan bapak bapak perkasa tersebut bisa menghubungi pak Tujiyono dengan nomor kontak 087838540309

(Kusnadi, Berbah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.