Ingin Tahu Apa yang Sedang Laris Untuk Jualan ?

Sumber : https://lifepal.co.id

Bagi seorang pengusaha baik itu UMKM ataupun industri yang sudah besar segede gaban. Mengetahui apa yang sedang laris dan trending merupakan suatu hal yang penting untuk memastikan product yang kita jual masih relevan di dunia jual beli, atau kita harus berinovasi atau bahkan harus mengganti product.

Barang yang sedang trend di berbagai wilayah tentu saja berbeda-beda, tergantung pada apa yang sedang musim di wilayah tersebut. Misalkan kita ingin berjualan Bakso Frozen di kota Semarang. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan uji simulasi market di wilayah tersebut menggunakan tools gratisan yang disebut google trend.

Apa itu GOOGLE TRENDS ?

Google trends disediakan oleh embah kita yaitu Embah Google secara gratis dan bebas digunakan. Yang akan menyajikan data-data tentang trend pencarian terkini, dapat difilter dalam 1 tahun terakhir hingga 4 jam terakhir di wilayah-wilayah tertentu.

Mari coba kita simulasikan Apakah kita berjualan Bakso Frozen akan menguntungkan ? dimanakah seharusnya kita menjual Bakso Frozen tersebut ?

Langkah yang harus dilakukan adalah membuka Google Trends, setelah itu Anda akan melihat tampilan sebagai berikut :

Tampilan Google Trends

Setelah itu pastikan sebelah kanan atas untuk pilihan Negara adalah Indonesia. Jika kita ingin memantau trend dari luar negeri, tinggal sesuaikan saja.

Setelah itu ketikkan kata kunci yang akan kita uji, tentu saja dalam hal ini adalah Nama Produk kita yaitu “Bakso Frozen”

Dari grafik diatas dapat diketahui bahwa minat terhadap bakso frozen sangat populer di akhir tahun 2020, tetapi berangsur-angsur mengalami penurunan. Untuk dapat mengetahui lebih dalam lagi, coba kita akan bandingkan minat antara Bakso Frozen dan Bakso Beku, manakah yang lebih populer di Indonesia. Caranya adalah dengan klik + Bandingkan yang ada di samping Tulisan Bakso Frozen

Baca Juga  Cara Mudah Memulai Jualan Online Dari NOL Sampai Bisa

Ternyata penelusuran dengan Bakso Beku, itu kurang diminati, dengan demikian jangan namai produk kita dengan bakso Beku, tetapi gunakan Bakso Frozen di seluruh media marketing kita. Untuk mengukur minat orang Indonesia terhadap “Bakso” secara umum dapat dilakukan dengan menambahkan perbandingan istilah “Bakso”

Minat terhadap Bakso sangat tinggi sekali, terjadi 2 kali lonjakan yaitu di bulan Mei dan Juli, kemungkinan pada bulan-bulan ini jualan Bakso akan laris manis. Kalau kita amati mungkin di 2 bulan tersebut ada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

Kemudian sebenarnya Bakso Apa yang mereka minati dan di area mana pencinta bakso tinggal ? Scroll kebawah untuk melihat hasilnya

Minat untuk Bakso ternyata tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Denan kata kunci yang meningkat tajam dapat Anda lihat dari gambar diatas. Apakah Anda sudah mendapatkan Ide ? Bakso Frozen paling laris dimana ?

Hanya sebagian wilayah Riau dan Jawa Timur yang menyukai bakso Frozen terbanyak. Dengan kata kunci yang mereka gunakan adalah “Bakso Ikan Frozen”. Kita uji berbagai variasi seperti Bakso Ikan, dan Bakso Raksasa, atau bakso Ikan Raksasa. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri.

Dari data diatas ternyata Bakso Ikan jauh lebih populer daripada Bakso Frozen. Semoga Sukses..!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.