BUPATI SLEMAN KUNJUNGI PASAR ROMADHON BERBAH

Dua hari sebelum Romadhon berakhir, bupati Sleman mengunjungi pasar Romadhon UMKM Kalitirto, Berbah, Sleman Sabtu 30 April 2022. Pasar Romadhon yang terselenggara di Teguhan, Kalitirto, Berbah merupakan tempat yang cukup strategis menempati sebuah jalan berdekatan beberapa sekolah, dekat dengan polsek dan koramil berbah serta beberapa pemukiman.

Pasar Romadhon di ikuti oleh banyak UMKM dari Forkom UMKM Berbah terbanyak dari UMKM Kalitirto. Dagangan yang digelar beragam dari batik, kerajinan, tas, asesoris, namun tetap didominasi makanan minuman yang sesuai untuk takjil buka puasa.

Kegiatan yang didampingi oleh dinas koperasi dan UMKM Sleman bekerjasama dengan Forkom UMKM Berbah serta kelompok UMKM Kalitirto membuat pasar Romadhon bertujuan memberi wadah anggota umkm untuk memasarkan produksinya sehingga bisa menggeliat kan perekoniman masyarakat yang kemaren sempat tersendat akibat pandemi COVID-19 yang sangat dirasa melumpuhkan sendi perekonomian.

Dalam kegiatan kunjungan pasar romadhon kali ini bupati tidak bisa hadir sehingga diwakili oleh kepala dinas koperasi umkm. Juga hadir panewu Berbah kapolsek danramil Berbah, juga kepala jawatan kemaknuran dan sosial Berbah, lurah dan pamong kalurahan Kalitirto.

Kegiatan kunjungan sehabis sholat Ashar menjelang buka puasa, di iringi musik angklung KALTIBER 18 , dalam sambutannyaketua UMKM Kalirtirto Dwi Astuti Setyaningrum sekaligus mewakili forkom UMKM kapanewon Berbah mengucapkan selamat datang dan mohon maaf dalam penyambutan kurang berkenan, juga menyampaikan bahwa umkm kalurahan Kalitirto yang tercatat ada 650 anggota. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan diantara bazar dan pertemuan rutin tiap tiga bulan sekali.
“Kami para pelaku UMKM Kalirtirto sangat mengharapkan pendampingan dari dinas koperasi umkm Sleman untuk kelangsungan usaha anggota UMKM” Pinta Ningrum.

Kepala dinas koperasi UMKM sleman R. Haris Martapa, SE, MT mewakili bupati Sleman memintakan izin bahwa bupati Sleman sedang ada kegiatan lain sehingga tidak bisa menghadiri kegiatan ini.
Kepala dinas juga menyampaikan bahwa UMKM terbukti menjadi soko guru perekonomian.
“Terbukti bahwa disaat pandemi propinsi DIY mampu menjadi salah satu propinsi yang inflasi nya rendah itu semua berkat kuatnya UMKM menghadapi pandemi” papar kepala dinas koperasi UMKM.

Baca Juga  KAJIAN ROMADHON DAN MILAD DAN LAUNCHING LANSIA AISYIAH BERBAH

Juga disampekan juga bahwa UMKM dalam kegiatan pemasar tidak bisa berdiri sendiri harus bersinergi dengan kegiatan lain seperti yang dilakukan dinas koperasi yang mendapingi kapanewon Pakem membuat bazar UMKM yang dibarengkan dengan kegiatan olahraga dan kesenian sehingga pemasaran dapat maksimal.

Dalam melakukan pendampingan untuk menjadikan UMKM naik kelas dinas koperasi bekerja sama dengan PLUT Sleman yang akan membantu UMKM sleman dalam peningkatan kapabilitas dan pendampingan perijinan juga pemasaran.
“PLUT ada sebagai bentuk pelayanan kepada UMKM sleman, semua anggota UMKM bisa mengakses dan memaksimalkan pelayanan untuk menaikkan kualitas kinerja UMKM semakin baik lagi” Tambah Haris.

Seusai memberikan sambutan kepala dinas koperasi UMKM Sleman di dampingi panewu danramil kapolsek lurah berkenan mengunjungi stand jualan UMKM, melihat secara langsung produk produk UMKM Forkom Berbah.
Dalam kesempatan itu juga kepala dinas memberi masukkan kepada para pelaku UMKM untuk kemajuan pelaku usaha juga sempat membeli beberapa produk yang di tampilkan .

(Kusnadi , Berbah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.