Ayoo.. Kita Jaga Air Kita Mulai Hari Ini, Selamat Hari Air Sedunia

Hari air sedunia diperingati oleh seluruh masyarakat dunia pada setiap tanggal 22 Maret. Peringatan hari air sedunia dilakukan karena air merupakan sesuatu yg sangat diperlukan dalam kehidupan .

Peringatan hari air sedunia berdasarkan pertemuan sidang umum Persatuan Bangsa Bangsa yang berlasung tanggal 22 Maret 1992 di Rio de Janeiro Brasil.

Peringatan hari air sedunia setiap tahunnya mengusung tema berbeda untuk mengingatkan betapa pentingnya air bagi kehidupan.

Tema hari air ditetapkan dalam sidang Persatuan Bangsa Bangsa melalui UN – water lembaga dunia yang menangani pengelolaan air di bumi.

Tema yang diusung pada peringkat hari air sedunia tahun 2022 adalah Groundwater atau air tanah. Tema ini diangkat mengingat sumber daya air tanah yg tersembunyi didalam tanah yang berperan sangat penting bagi kehidupan namun kadang dilupakan. Air tanah yang tersembunyi di dalam tanah tidak terlihat namun terlihat dimana-mana dan kita rasakan manfaatnya.

Air tanah adalah harta terpendam yang memperkaya hidup kita yang merupakan sumber daya daya penting bagi kehidupan. Air tanah juga berfungsi menjaga keseimbangan ekosistem dan mempertahankan aliran dasar sungai, mencegah penurunan tanah dan instrusi air laut.

Air tanah merupakan bagian penting dari proses adaptasi iklim dan merupakan sebuah solusi bagi masyarakat yang tidak bisa bisa mengakses air bersih.

Begitu pentingnya air dan air tanah maka diperlukan kerjasama berbagai pihak baik pemerintah, masyarakat, pengusaha untuk menjaga dan mengelola sumber daya ini secara berkelanjutan dan bertanggungjawab.

Selamat memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2022.

Kusnadi – Berbah

Baca Juga  GELARAN PERINGATAN HARI AIR KEMENTERIAN PUPR DI EMBUNG SENDANGTIRTO BERBAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.